Wednesday, October 25, 2017

My 10 Steps Korean Skincare Routine

Setelah pembahasan 7 skin method di post sebelumnya, ada lagi ni trend ritual skincare dari Korea, yang pastinya udah pada pernah dengar namanya 10 steps Korean Skincare Routine.
Di post ini aku akan cerita mengenai 10 steps Korean Skincare Routine versi ku, yang biasa aku lakukan hampir setiap malam, kalau tidak keburu ngantuk 😊
Apa itu 10 steps Korean Skincare Routine dan apa manfaat nya? Lanjutin baca reviewnya ya...


What is it ?
10 steps Korean Skincare Routine adalah pemakaian skincare sampai 10 langkah, dengan 10 jenis produk skincare yang berbeda. Bisa dari brand yang sama maupun berbeda. Bahkan bisa juga dengan memakai produk skincare yang berasal dari beda benua, contoh korean dan USA skincare.
Yang penting cocok di wajah. Karena trend ini berasal dari Korea, biasanya kita memakai skincare yang berasal dari Korea. Dan yang perlu diperhatikan adalah selalu menggunakan skincare dengan tekstur yang lebih cair terlebih dahulu.

Produk skincare apa saja yang dipakai dalam 10 langkah tersebut ?
Di awali dengan double cleansing, exfoliating toner, hydrating toner, essence, serum, sheet mask, eye cream, oil dan night cream.
Jenis skincare yang di pakai tidak harus seperti diatas, bisa di atur sesuai kebutuhan, Contoh tidak pakai oil atau setelah night cream bisa pakai sleeping mask.
Jika 10 step ini dipakai di siang hari, tahap terakhirnya diganti dengan sunblock.


My 10 steps Korean Skincare Routine 


1. Oil based cleanser
Produk yang aku pakai adalah cleansing balm dari Heimish atau Banila.
Fungsinya untuk meluruhkan makeup dan segala kotoran, debu, polusi yang menempel di wajah selama sepanjang hari beraktivitas. Selain cleansing balm, bisa juga memakai cleansing oil. Kebetulan kedua cleansing balm ini tidak perih di mata, jadi aku tidak pakai eye makeup remover. Kalau pun iseng pengen pakai, aku pakainya Loreal micellar water.
2. Water based cleanser
Cleansing tahap kedua, kita memakai face wash atau soap bar yang berfungsi untuk menuntaskan proses cleansing yang pertama. Aku pribadi memilih cleanser dengan PH rendah seperti Cosrx Low ph gel cleanser dan Neogen green tea cleansing stick. Aku pakai cleanser yang PH nya rendah karena aman untuk kulitku yang cenderung kering.

Double cleansing is a must !!!!! Wajah harus bener2 bersih dari semua yang menempel, bahkan saat kita tidak pakai makeup pun tetap harus double cleansing.


3. Exfoliate
Di tahap ini kita bisa memakai chemical exfoliant seperti AHA / BHA yang berbentuk seperti toner. Atau memakai physical exfoliant seperti scrub. Aku sendiri pakainya Cosrx gantian dengan Neogen exfoliating pad.
Fungsi dari tahap ini untuk mengangkat sel2 kulit mati, sehingga kulit jadi halus dan memudahkan penyerapan skincare. Dan perlu diperhatikan apakah exfolitor nya aman dipakai tiap hari atau hanya seminggu 2x saja.


4. Booster essence / serum
Ini semacam pre-essence yang berfungsi untuk memaksimalkan kinerja dari produk skincare berikutnya. My favorite adalah Sulwhasoo First Care Activating Serum. Selain sebagai booster, First Care Activating Serum ini juga berfungsi untuk menggantikan kadar air yang hilang saat kita melakukan proses cleansing.
5. Hydrating toner
Kulit wajah harus selalu terhidrasi dengan baik. Pada tahap ini, aku memakai Sulwhasoo essential balancing water atau pakai brand Jepang yaitu Hadalabo Shirojyun premium
6. Serum
Serum yang dipakai sesuai dengan kebutuhan kulit. Tahap ini untuk treatment yang spesifik, misalkan mau pakai yang whitening atau anti wrinkle atau hydration dll. Aku saat ini pakai Innisfree Green Tea Seed serum


7. Sheet mask
Tahap favoriteku, tiap hari aku pakai sheet mask, baik itu dengan atau tanpa melakukan 10 step, yang namanya sheet mask tidak terlewatkan. Merk sheet mask nya apa aja tapi favoriteku dari the face shop. Sheet mask selain menambah kelembaban di kulit wajah juga menutrisi dan membuat kulit kenyal dan kencang.


8. Eye cream
Ini bagian yang sering terlupakan. Eye cream wajib kita pakai, walaupun sepertinya tidak ada masalah di area mata. Kulit di area mata sangat sensitif dan perlu kita rawat. Eye cream yang dipakai bisa dipilih sesuai kebutuhan, untuk kerutan, dark circle, puffy eyes dll. Aku sendiri pakai concentrated ginseng eye cream dari Sulwhasoo, agar kulit di area mata tetap kencang.
9. Night cream / Sleeping Mask 
Untuk krim malam aku fokus ke anti aging cream dan saat ini aku pakai Sulwhasoo Concentrated Ginseng Cream. Aku dah lama pakai night cream ini, suka akan hasilnya yang membuat muka kencang dan sehat. Aku juga suka wangi ginsengnya. Krim malam dipilih sesuai kebutuhan kulit. Kadang Night cream nya aku ganti dengan sleeping mask.Sleeping mask ku dari Sulwhasoo dan akan aku review di next post ya.
10. Lip serum
Berbeda dengan 10 step korean skincare biasanya, langkah ke-10 aku pakai Sulwhasoo essential lip care. Aku termasuk yang sering banget gonta ganti lipstick. Dan setiap malam aku pakai lip care ini untuk menjaga bibir tetap lembut dan tidak kering.

My Thought
10 steps Korean Skincare Routine memang ritual yang panjang dan butuh waktu, paling tidak 1jam.
Bikin males karena tidak praktis. Tapi kalau rutin dilakukan memang ada hasilnya. Kulit muka jadi lebih hydrated. Dan kulit yang hydrated adalah awal dari kulit yang sehat dan glowing.
Selain masalah waktu, yang membuat orang males karena muka jadi basah dan oily. Kalo bagiku itu tergantung pinter2 nya kita memilih produk dan cara pakainya.

Cara pakainya tidak perlu banyak2 dan sebaiknya setiap pemakaian dilakukan dengan cara di tap2 ke wajah untuk memaksimalkan penyerapan produk.
Walaupun tetap berasa oily, tinggal di bawa tidur menurutku gak masalah juga sih. Yang penting pas bangun tidur muka nya jadi hydrated, lembut dan kenyal.

10 step skincare routine ini sudah lama aku lakukan, walaupun bolong2 juga. Saat muka berasa kering atau mulai rewel baru deh balik lagi pakai skincare berlayer2 gini.
Kadang aku campur2 juga produknya, tidak selalu produk Korea. Tergantung mood aja.

Jadi kurang lebih itulah 10 step ritual skincare yang aku lakukan di malam hari. Kalau buat pagi langkahnya tidak sampai 10, next time aku posting soal ritual skincare pagi ya ...
Nah buat temen2 bisa lakukan 10 langkah ini jika memungkinkan. Tidak jadi masalah juga jika hanya dilakukan 5 atau 7 langkah.

Pros :
+ membuat kulit lebih hydrated dan sehat
+ bisa menjadi salah satu bentuk kegiatan yang therapeutic
+ meminimalisir masalah kulit yang rewel

Cons : 
- nothing

xoxo
#carolbeautydiary😗


















4 comments:

  1. Omg bener bener 10 step skincare, hebattt😂 penasaran neogen cleansing sticknya deh


    www.zahwaaldila.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai zahwa, ini dilakukan kalo lagi rajin hehehee Neogen cleansing stick cobain deh, enak dan soft banget

      Delete
  2. Hair Mba,ulasannya bagus banget..tPi Kali bole taught Cara believe product Koreans dimana yah?soalnya Sy baru mau nyoba produk Korea, triamakasi

    ReplyDelete

Review Maybelline X Gigi Hadid BB Cushion, Jetsetter Palette, Lipstick & Liquid Liner

Kolaborasi Maybelline dengan Gigi Hadid ini bener2 booming di pasaran. Sekali launching banyak produknya ada cushion, eyeshadow, lipsti...